Program pelatihan merupakan fondasi utama dalam sebuah kegiatan diklat. Oleh karena itu, untuk menghasilkan diklat yang baik maka terlebih dahulu dilakukan perencanaan dan penyusunan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) agar kegiatan diklat tepat sasaran antara peserta dengan program yang akan dijalankan. AKD merupakan langkah awal perencanan program diklat yang diperlukan untuk menemukan kesenjangan antara kompetensi yang dipersyaratkan dengan kompetensi yang dimiliki oleh ASN dalam melaksanakan tugas jabatannya. AKD merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka mengidentifikasi kompetensi yang masih kurang dikuasai dan perlu ditingkatkan/dibangun melalui diklat dengan mengidentifikasi substansi materi pokok diklat (Knowledge, Skill, Attitude) yang relevan dan mendukung dalam pelaksanaan tugas setiap unit kerja di masing-masing komponen di lingkungan kerjanya.
Melalui perencanaan dan penyusunan AKD yang matang, program pelatihan dapat disusun dengan tepat dan efektif. AKD membantu dalam memastikan bahwa program pelatihan memenuhi kebutuhan peserta, menyediakan konten yang relevan, dan memaksimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia. Dengan demikian, program pelatihan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi peserta dan organisasi. Dengan demikian jika kebutuhan pelatihan telah dipetakan sebagaimana diuraikan tersebut di atas, maka kebutuhan diklat diharapkan dapat mengatasi kesenjangan antara kompetensi yang dibutuhkan dengan kompetensi yang dimiliki aparatur untuk menduduki jabatan yang ada.